sugeng rawuh

wonten blog sinau basa jawa :)

Thursday, September 18, 2014

Strategi Pembelajaran KD Menyimak Berita

1.      KD                  : Menyimak Berita
Menyimak merupakan satu bentuk keterampilan berbahasa yang mendominasi seluruh aktivitas berada pada siswa. Siswa dituntut mamahami hasil dengarannya, oleh karena itu pada pembelajaran menyimak berita siswa harus fokus dan guru dituntut menggunakan strategi yang tepat agar siswa bisa mencapai KD tersebut dengan baik. Bahan simakan bisa dicari di radio, tv, youtube atau yang lainnya.
Rancangan strategi Pembelajaran : model, strategi, pendekatan, metode, teknik
1)      Pendekatan
a.       Pendekatan bervariasi
Dalam belajar, siswa mempunyai permasalahan sendiri.sendiri, oleh karena itu dalam perbedaan itu sebelum pembelajaran dimulai guru dituntut mengerti kondisi siswa yang satu dengan yang lain.
2)      Metode
a.       Metode Demonstrasi
metode demonstrasi disini guru menjelaskan kepada siswa untuk siap mendengarkan/menyimak berita. Siswa mengamatinya dengan cermat
b.      Metode tanya jawab
Metode tanya jawab merupakan metode tanya jawab antara guru dengan siswa atau siswa dengan guru. Ini bisa dilakukan dilakukan sebelum guru memulai memutar bahan simakan
c.       Metode Latihan
Metode ini dilakukan agar apa yang telah didengar oleh siswa bisa diukur kecermatan dan ketelitian. Sesudah guru memutar bahan simakan, guru memberikan soal latihan untuk dijawab oleh siswa.
3)      Teknik
a.       Teknik penyajian latian
Teknik ini diterapkan agar guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menjawab soal-soal latihan yang bisa meningkatkan keterampilan yang lebih tinggi
b.      Teknik penyajian Inkuiri
Teknik pembelajaran ini diterapkan bertujuan agar peserta didik terangsang oleh latihan yang diberikan dan menjawabnya secara mandiri.

KEGIATAN PEMBELAJARAN


·         Kegiatan pendahuluan
a.       Guru mengawali salam kepada murid-murid
b.      Memeriksa kehadiran siswa
c.       Guru mengungkit-ungkit pelajaran minggu lalu
d.      Guru memberi pengantar singkat tentang pelaksanaan pembelajaran yang akan dilakukan hari itu.


·         Kegiatan inti
Meliputi mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, mengkomunikasikan.
Mengamati :
a.       Guru memberikan judul berita yang akan diperdengarkan oleh siswa
b.      Siswa mulai menyimak berita yang diperdengarkan dengan tape recorder/CD
Menanya :
a.       Guru bertanya kepada siswa pokok-pokok berita itu
b.      Siswa menjawab pertanyaan guru
Mengasosiasi :
a.       Guru memberikan soal terkait berita yang diperdengarkan
Mengkomunikasikan :
a.       Siswa menjawab soal-soal yang telah diberikan guru


·         Kegiatan penutup
a.       Berdiskusi tentang bagaimana hasil yang benar
b.      Guru menyimpulkan dan merefleksikan pembelajaran yang telah dilakukan hari itu
c.       Guru mengakhiri pembelajaran pada hari itu dengan mengucapkan salam


Guru mengawali salam kepada murid-murid kemudian Memeriksa kehadiran siswa, Guru mengungkit-ungkit pelajaran minggu lalu diharapkan agar materi yang dipelajari minggu lalu tidak lupa. Guru memberikan judul berita yang akan diperdengarkan oleh siswa, Siswa mulai menyimak berita yang diperdengarkan dengan tape recorder/CD. Guru bertanya kepada siswa pokok-pokok berita itu, Siswa menjawab pertanyaan guru. Guru memberikan soal terkait berita yang diperdengarkan. Siswa menjawab soal-soal yang telah diberikan guru.  Siswa Berdiskusi tentang bagaimana hasil yang benar. Guru menyimpulkan dan merefleksikan pembelajaran yang telah dilakukan hari itu. Guru mengakhiri pembelajaran pada hari itu dengan mengucapkan salam. Dalam model pembelajaran menyimak berita, dapat dibuat strategi pembelajaran agar tercapainya KD. Sebelumnya guru harus melakukan pendekatan terhadap siswa, diharapkan guru bisa mengetahui tingkat intelektual yang dimiliki siswa. Setelah guru mendekati siswa kemudian membuat metode yang efektif digunakan dalam pembelajaran menyimak.  Metode yang bisa digunakan untuk pembelajaran menyimak itu dapat berupa metode demonstrasi, tanya jawab dan latihan. Teknik yang dapat digunakan pada pembelajaran menyimak ini yaitu inkuiri dimana siswa dituntut untuk lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran dan mereka diminta untuk memecahkan masalahnya sendiri, membuat keputusan, dan memperoleh keterampilan. Setelah selesai pembelajaran itu, guru menyimpulkan hasil pembelajaran menyimak hari itu kemudian diakhiri dengan mengucapkan salam.

0 comments:

Post a Comment