sugeng rawuh

wonten blog sinau basa jawa :)

Sunday, January 5, 2014

SINOPSIS CERKAK


1.      Nubruk Dadi Ketrubuk
            Suatu hari dhili akan ke bermain ke rumah anggi, lalu ia meminjam sepeda kepada mba umi. Di tengah perjalanan dhili menabrak motor dan ia pun lari tanpa bertanggung jawab, sampai dirumah Anggi dhili bercandaan kemudian dia pulang dan dijalan dia terjatuh lalu ditabrak sepeda motor sampai sepedanya rusak, akan tetapi yang menabrak juga tidak mau bertanggung jawab. Dhili pulang dengan rasa ketakutan dan dimarahin.

2.      MALING

            Ketika sepeda motor belum ketemu, para warga menudug Gendhon yang mencuri motor itu, akan tetapi ada tetangga dekatnya yang membela bahwa Gendhon tidak bersalah. Didikan ayahnya juga sudah benar.yang dipermasalahkan hanya keluarga pak Gendhon kurang berkomunikasi dengan para warga sekitar, sehingga warga menuduh yang tidak-tidak.


3.      Prabandari Muridku
           
            Di SMA Negeri Blimbingsari ada seorang guru yang tampan, sopan dan pintar namanya pak Gun. Baru setengah tahun mengajar disekolah itu sudah disenangi oleh murid-muridnya. Ada salah satu murid perempuan yang cantik dan pintar namanya Prabandari, pak Gun sangat menyukainya, begitu pula Prabandari. Setelah keduanya tau akan perasaan masing-masing kemudian pak Gun berkata akan menunggu Prabandari selesai sekolah dan kuliahnya.


4.       Panjenengan Ingkang Kula Padosi

            Ada keluarga di sebuah desa yang mempunyai anak perempuan  cantik bernama Winarni. Keluarga itu sangat bahagia walaupun sederhana. Suatu hari orang tuanya meninggal karena kecelakaan menjadika Winarni hidup sebatang kara. Kemudian Winarni mencari pekerjaan akan tetepi tidak ada yang menerimanya. Lalu dia bertemu dengan temen satu SMA dulu dan menawarkan pekerjaan untuknya, tanpa berfikir panjang Winarni langsung menerimanya. Winarni ikut bekerja dengan temannya akan tetapi dia kejebak dalam pekerjaan yang tidak baik (pelacur). Winarni sangat sedih dan kecewa, tapi apa boleh buat Winarni sudah masuk kedalamnya dan harus menuruti peraturan yang sudah ditandatangina. Empat tahun dia menjalani pekerjaan itu dan akhirnya dia menderita penyakit kronis, kemudian diusir oleh majikannya dan dia menjadi gelendangan. Hidupnya menjadi lebih menderita  disbanding sebelum mendapat pekerjaan.

5.       Ayumu Jebul Ora Tulus
Di bus Suwarto bertemu dengan gadis cantik yang duduk disebalahnya. Gadis itu cantik sampai Suwarto tertarik padanya dan ingin berkenalan dengannya, akan tetapi gadis itu diam saja seperti orang yang sombong. Suwarto tidak menyerah hanya untuk berkenalan, akhirnya gadis itu mau bercerita-cerita dengannya. Nama gadis itu ternyata Ningtyas. Banyak bercerita menjadikan keduanya ingin sama-sama bertemu. Sesampai di tempat tujuan mereka berpisah tetapi sama-sama memberikan informasi tentang alamatnya. Suatu hari Suwarto mencari alamat Ningtyas dan ketemu. Setelah bertemu Ningtyas mempunyai rencana akan pergi sebentar ke Bali, mereka pun melepas kangen sebelum pergi. Setelah pagi tiba Ningtyas pergi tanpa sepengetahuan Suwarto. Suwarto kaget dan mencari-carinya tetapi tidak ketemu dan hanya menemukan sebuah surat. Suwarto membeli Koran untuk dibacanya dan ada berita bahwa Ningtyas adalah seorang penjual narkoba. Suwarto merasa kecewa. 

6.      Panglaris

Ada seorang pedagang angkringan baru namanya pak Min yang dagangannya sepi terus, suatu hari ada pembeli yang suka pada masakannya. Masakannya dinilai enak tapi selalu sepi. Bapak pembeli itu mengasih saran kepada pak Min cara berjualan agar dagangannya selalu laris. Dengan rruntut bapak tadi menjelaskan dan didengarkan dengan baik oleh pak Min. Pak Min kemudian menjalankan apa yang dicritakan oleh bapak itu, al hasil setiap hari dagangan yang tadinya sepi menjadi laris manis dan menjadi tujuan utama para penikmat jajan.

7.      "PETENG"

Hidup haruslah dihadapi dengan penuh syukur. Semua didunia sudah dia lakukan, sekolah lulus dengan nilai memuaskan dengan title S1 dan S2. Sudah menikah 14 tahun akan tetapi belum dikaruniai seorang putra. Dia pasrah kepada pencipta. Suatu hari istrinya dikabarkan hamil, seluruh keluarga langsung senang dan gembira. Dijaga kandungan itu sangat hati-hati, dari bulan ke bulan tidak pernah lupa untuk mengecek kandungannya ke dokter. Pada bulan ke Sembilan sang istri berniat untuk melahirkan sesar karena kondisi yang sudah cukup tua untuk melahirkan normal. Sang suami hanya menurut saja apa yang terbaik untuk keduannya. Hari demi hari sang istri rajin mengontrol kondisinya ke dokter, tiba hari dimana istrinya akan dioperasi masih rajin mengecek kondisinya. Kondisi ibunya sangat baik, waktu akan di USG untuk mengetahui jenis kelamin tiba-tiba tidak ada denyut jantung pada bayinya. Dokterpun memvonis meninggal. Langsung saja sang istri dan suaminya hidup terasa petang tanpa cahaya sedikitpun.


8.      "SUPOYO NGIRIT"

Gledhoh orang yang sugih di salah kampung kota Solo sekarang sering marah ke bawahannya yang namanya Klithuk, masalahanya padahal hanya sepele. Yaitu masalah alat yang buat membersihkan gigi sehabis makan. Hari itu Glondhoh melihat alat itu habis, padahal baru kemarin dibelinya. Lalu memanggil Klithuk dan langsung memarahinya dan memintanya untuk hidup lebih ngirit, Klithuk pun diam dan meminta maaf tidak akan lagi menghabiskan alat itu. Hari keesokannya Gledgoh melihat bahwa alat itu masih utuh tanpa ada yang hilang satupun. Gledhoh memanggil Klithuk lagi dan bertanya apakah dia sudah tidak menggunakan itu lagi, jawaban Klithuk tidak dan dia tetap menggunakannya hanya sesudah di gunakan langsung ditaruh ditempat semula biar ngirit seperti yang dianjurkan majikannya.


9.      Pacobaning Urip

Matahari belum menampakan dirinya, tapi sudah terlihat sedikit, pertanda agar orang-orang segera bangun dari tidurnya. Tetapi beda dengan keluargaku yang sudah bangun dan sedang membereskan pakaian untuk pergi silahturahmi ke rumah neneknya. Setelah selesai keluarga itu langsung berangkat, dan sesampainya di rumah nenek di desa Gulon, terlihat Beni saudaraku yang sedang meminup the panas, lalu disampernya. Tidak sengaja aku menjatuhkan gelas itu dan airnya berceceran kemana-mana, aku pun langsung mengambil lap untuk mengelapnya, tapi sewaktu lari aku terpeleset dan jatuh. Kemudian kami seekeluarga pun melanjutkan silahturahmi ke saudaranya yang lain. Malam hari waktu sedang pulang ibunya baru ingat bahwa pintu belakang rumah belum dikunci, dan meminta untuk cepat-cepat dalam membawa motor. Tidak disangka ada lubang yang dalam, menabraknya dan akhirnya terjatuh. Para warga langsung menolongnya dan dilarikan ke rumah sakit. Dalam rumah sakit ibunya dihubungi oleh ketua RT yang mengabarkan bahwa rumahnya telah kemalingan. Satu keluargapun hanya bisa pasrah dan ikhlas dalan meghadapi cobaan hidup.






10.  KEMBANG TURU  LAN TRESNA

Hari pertama sekolah Dinda telat masuk ke kelas, di dalam kelas dipermainkan oleh teman-temannya karena mata Dinda yang sebam akibat tidur terlalu malam. Gurunya memaklumi, kemudian dilanjutkanlah pelajaran. Satu persatu murid maju ke depan kelas dan menampilkan bakat yang dimiliki. Sekolah itu sekolah seni, murid-murid menampilkan bakat yang sangat bagus tidak terkecuali Dinda, Dinda mampu membuat semua yang melihatnya terpesona begitu juga cowo satu kelas yang rupanya ganteng. Tetapi ada cewe yang syirik dengan Dinda, dia tidak terima kalau Dinda menyaingi kemampuannya. Hari-hari yang dilalui Dinda dikerjakan dengan penuh semangat hingga tibalah saat pementasan atau lomba. Seorang guru memilih lima anak untuk maju salah satunya Dinda yang dipercaya untuk mewakilinya dan hasilnya sangat memuaskan para Guru dan membuat teman-temannya iri padanya. Hari ujian akhir pun tiba, barang siapa yang lulus dengan nilai yang memuaskan akan diberangkatkan sekolah lagi di Universitas Seni London dengan beasiswa dan hidupnya akan ditangani oleh pemerintah. Dinda terus belajar agar cita-citanya bisa terwujud, disamping itu juga bisa membahagiakan kedua orang tuanya. Dinda belajar tanpa putus asa. Dan dengan kepinterannya, dengan keuletannya akhirnya Dinda lulus dengan nilai sangat memuaskan dan benar-benar bisa sekolah di Universitas yang diinginkannya itu. Disamping kesuksesannya ada seorang cowo satu kelasnya yang selalu memberikan semangat untuk Dinda.


11.  SINDHEN

Pagi-pagi Anjasmara sudah didatangi teman-temannya untuk pentas campursari, salah satu teman namanya Nanik yang menjadi sindhen dituduh berpacaran dengan Anjas. Padahal cintanya Anjas hanya untuk Wulandari sang sindhen juga, akan tetapi Wulandari memilih laki-laki yang mempunyai pekerjaan bagus yaitu DPR dibanding dengan Anjasmara yang hanya tukang kendang. Anjasmara tidak ingin melepaskan Wulandari, dia ingin bersaing secara sehat, dia mempunyai bukti bahwa cowo DPR itu terlibat korupsi dan sekarang sudah ditangkap polisi. Akan tetapi Anjas bingung mau memilih siapa antara Wulandari dan Nanik karena mereka sama-sama cantik dan sindhen nyidam sari juga.


12.  Goroh

Mas wawan yang membohongi istrinya yang namanya Nursita sampai 62. “dhik nanti jam 10 uangnya kirim sekarang mas belum bisa keluar dari gedung pameran buku”. Itu alasannya mas Wawan ketika istrinya telepon td pagi.
sebenarnya hatinya mas Wawan remuk ketika membohongi istrinya tapi bagaimana lagi mas Wawan lagi tidak punya uang lan tidak ingin istrinya kecew kepada mas Wawan. Mas Wawan dan Nusita sudah menikah 2 tahun lamanya, setelah wisuda di tahun pertama hidupnya masih nyaman-nyaman saja tidak ada masalah yang berat. Lah sekarang mas Wawan menjadi guru tentor di lembaga bimbingan belajar dan istrinya di Bandung meneruskan coass-e untuk memperoleh gelar dokter, masalah itu datang ketika kelahiran anaknya, karena mas Wawan dipindahkan ke daerah luar jawa, mas Wawan bingung dan hatinya tetiris-iris ketika ingat Nusita dan anaknya mempunyai kebutuhan banyak dan kuatir tidak bisa membayar kontrakan, jadi membuat mas Wawan pusing karena memikirkan istrinya dan anaknya. Tapi istrinya  mas Wawan masih setia.




0 comments:

Post a Comment