sugeng rawuh

wonten blog sinau basa jawa :)

Thursday, September 18, 2014

Strategi Pembelajaran KD Menulis Karangan Narasi

1.      KD      : Menulis Karangan Narasi
Keterampilan menulis membutuhkan kosakata yang banyak.
Strategi yang dapat digunakan untuk pencapaian KD ini :
1)      Pendekatan
a.       Pengelolaan kelas
Guru harus bisa mengkondisikan kelas agar tetap kondusif
2)      Metode
a.       Metode Ceramah
Siswa diajak untuk membaca materi tentang karangan narasi, agar lebih jelas guru mengulangi menjelaskan dengan penjelasan secara lisan.
b.      Metode Diskusi
Siswa berdiskusi tentang pokok-pokok yang ada pada karangan itu
c.       Metode tugas
Untuk lebih menguasai materi itu, siswa diberi tugas untuk membuat karangan narasi sendiri dengan langkah-langkah yang telah dipelajari bersama
3)      Teknik
a.       Teknik penyajian inquiry
Teknik ini diterapkan karena dengan teknik ini siswa diharapkan bisa memecahkan sendiri masalahnya berhubungan dengan tugas yang telah diberikan
b.      Teknik penyajian eksperimen


KEGIATAN PEMBELAJARAN


·         Kegiatan pendahuluan
a.       Guru mengawali salam kepada murid-murid
a.       Memeriksa kehadiran siswa
b.      Guru mengajak mengingat pelajaran minggu lalu


·         Kegiatan inti
Meliputi mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, mengkomunikasiakan.
Mengamati :
a)      Guru memberi pengantar singkat tentang pelaksanaan pembelajaran yang akan dilakukan hari itu.
Menanya :
a)      Guru bertanya kepada siswa sejauh mana siswa mengetahui teks narasi.
b)     Siswa menjawab pertanyaan guru terkait pengetahuan siswa prapembelajaran tentang teks narasi
c)      Guru menanyakan perbedaan teks narasi dengan teks lainnya.
d)     Siswa membaca buku yang berkaitan dengan teks narasi, kemudian menjawab pertanyaan guru
Mengumpulkan informasi :
a)      Guru menjelaskan materi tentang teks narasi dan perbedaanya dengan teks lainnya
b)     Guru memberi contoh teks narasi
c)      Siswa mencatat materi itu
d)     Guru mengajak membuat karangan narasi dengan topik “pendidikan” menggunakan ragam bahasa jawa sesuai unggah-ungguh
Mrngasosiasi :
a)      Siswa berdiskusi tentang pokok-pokok teks narasi berhubungan dengan topik tersebut
Mengkomunikasikan :
a)      Siswa merangkai pokok-pokok itu menjadi sebuah karangan narasi.


·         Kegiatan penutup
a)      Guru berdiskusi dengan siswa dan menyimpulkan hasil pembelajaran hari itu
b)      Guru berpesan agar senantiasa berlatih mengembangkan kosakata
c)      Guru mengucapkan salam




Guru masuk ke kelas, mengkondisikan kelas kemudian mengucapkan salam dan memeriksa daftar kehadiran siswa. Guru mengajak siswa mengingat pelajaran minggu lalu, diharapkan agar tidak lupa. Setelah mengingat-ingat kembali, guru memberi pengantar singkat tentang pelaksanaan pembelajaran yang akan dilakukaan hari itu yaitu akan membahas tentang teks narasi, bagaimana cara membuat karangan narasi. Sebelumnya guru menanyakan kepada siswa, siapa yang mengetahui apa itu teks narasi dan apa perbedaan teks narasi dengan tekas lainnya? Siswa mulai berfikir dan membaca-baca materi itu sekilas dibuku. Guru memberikan dorongan untuk siswa agar mau menjawab pertanyaan itu dengan berjanji akan memberi nilai plus (+) pada pelajaran hari itu. Siswa mulai menjawab satu per satu. Guru membenarkan jawaban siswa, kemudian baru masuk kedalam materi, guru menjelaskan materi teks narasi dan perbedaan dengan teks lainnya, untuk memperjelas teks narasi itu, guru memberikan contoh, siswa mengamati lagi kemudian bertanya jawab terhadap materi yang belum dipahami. Apabila semua sudah paham, guru mengajak siswa membuat karangan narasi dengan topik “Pendidikan” menggunakan ragam bahasa Jawa sesuai unggah-ungguh. Siswa mulai menulis pokok-pokok untuk membuat karangan itu kemudian merangkainya menjadi sebuah karangan yang utuh. Pekerjaan itu dikumpulkan ke guru untuk dinilai. Mengakhiri pelajaran hari itu, guru berdiskusi dengan siswa tentang pelajaran hari itu dan menyimpulkannya, tidak lupa guru senantiasa berpesan agar terus berlatih mengembangkan kosakata untuk menciptakan karangan yang indah. Akhir kata guru mengucapkan salam yang dijawab oleh siswa.

0 comments:

Post a Comment